Kelas 9

SELAMAT DAN SUKSES HARLAH MTs NEGERI PUNDONG KE-35 TAHUN 2013
"Wujudkan Madrasah Idola Masyarakat Muslim"


Kamis, 09 Mei 2013

MTs NEGERI PUNDONG “ GELAR PENGAJIAN RUTIN”



Pengajian rutin 3 bulanan kembali digelar “Kampus Hijau”  MTsN Pundong, Minggu 1 Juli 2012 bertempat di rumah salah satu guru seniornya yakni Drs. Sumeh Suhartanto, yang berdomilisi di Tegallurung Gilangharjo Pandak. Kepala Madrasah Drs. Sutoyo menuturkan, pengajian yang digelar rutin tersebut sebagai ajang silaturahiim segenap keluarga guru dan karyawan serta semakin mengakrabkan rasa kekeluargaan sehingga tercipta suasana kekeluargaan yang harmonis. Niat yang ada dalam hati masing-masing hendaknya niat silaturahiim bukanlah niat yang lain sehingga akan menjadi sebuah nilai ibadah.

Sedangkan Mau`idhoh hasanah disampaikan Ustad Fajar Abdul Bashir dari Wijirejo pandak. Ia mengatakan bahwa Islam diturunkan dimuka bumi sebagai rahmatan lil `alamin. Islam berguna untuk menciptakan tatanan dunia menjadi damai, Islam merupakan agama yang cinta damai dan tak suka menyelesaikan sesuatu dengan jalan kekerasan. Islam bukan hanya agama ibadah dan syariah, namun Islam berfungsi untuk kemaslahatan umat dan kemaslahatan alam semesta.
Rasulullah Muhammad diturunkan di Kota Mekah bukannya di Israel dengan maksud agar jangan sampai menemui kegagalan dalam berdakwah sebagaimana nabi yang terdahulu. Di kota Mekah, Rasululloh tidak langsung menerjang konflik sebagaimana di Israel, namun tahap perjuangannya adalah dengan mencari legimitasi dulu sehingga diakui eksistensinya di masyarakat, setelah itu barulah beliau diperintah Alloh SWT untuk melakukan Hijrah ke kota medinah, harapannya bisa menyelesaikan konflik yang ada disana.
Kedatangan Rasul ke Medinah diawali dengan mengumpulkan para pemuka agama dan pemuka masyarakat dengan membuat penandatangannan pakta integritas. Tujuannya tak lain adalah tercapai perdamian, kalau sudah tercipta kedamaian maka dapat terlaksana ibadah yang khusuk, aman tanpa rasa takut.
Lebih lanjut ustad Fajar mengatakan, sejak jaman adanya manusia sampai sekarang, kalau dirunut sejarah bahwa terjadinya konflik berawal dari adanya hasut, rasa iri yang ditimbulkan dari iblis sebagaimana sejarah dahulu iblis menggoda Nabi Adam AS. Iblis merasa ia yang paling tinggi, paling sempurna, sehingga ia tak mau hormat kepada Nabi Adam yang hanya tercipta dari tanah, sementara iblis tercipta dari api sehingga merasa memiliki derajat yang lebih tinggi. Dan meski telah ditunjukkan tentang kelebihan manusia pertama Adam AS namun iblis tetap tak mau hormat dan bersumpah akan mencari teman di neraka dengan menggoda manusia yang mau disesatkannya.
Islam juga mendukung untuk mencintai lingkungan/ alam semesta. Dalam sebuah riwayat dijelaskan ketika itu Syeh Abdul Qodir Jaelani surbannya terkena kotoran burung, tak sengaja ia bunuh burung tersebut. Namun ia menyesalinya dengan menjual surbannya dan uang dari hasil penjualan surban tersebut disedekahkan. Islam juga mengajarkan untuk selalu hidup bersih, tiap mau melaksanakan shalat selalu didahului dengan berwudhu dulu. Seorang ,muslim juga tak boleh buang air kecil sembarangan di bawah pohon yang sedang berbuah maupun dilubang semut serta di air yang tidak mengalir, sebab hal ini bisa menimbulkan najis. 
Diakhir ceramahnya ustad Fajar mengajak seluruh keluarga besar MTsN Pundong untuk dapat menciptakan hubungan pribadi yang harmonis, sebab kalo hubungan sudah harmonis akan timbul kekompakan lahir batin untuk dapat memajukan madrasah sehingga tercipta baiti jannati, madrasah yang menyenangkan bagi para penghuninya.

Pengirim : Drs. Sutanto ( Guru MTsN Pundong Bantul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar