Kelas 9

SELAMAT DAN SUKSES HARLAH MTs NEGERI PUNDONG KE-35 TAHUN 2013
"Wujudkan Madrasah Idola Masyarakat Muslim"


Kamis, 09 Mei 2013

“ GEBYAR RAMADHAN “ MTsN PUNDONG & UIN SUNAN KLIJAGA



MTsN Pundong untuk kesekian kalinya menggandeng Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang sedang melaksanakan KKN-PPL integrativ menggelar rangkaian kegiatan yang bertajuk “Gebyar Ramadhan Kampus Hijau MTsN Pundong”. Kegiatan kali  ini mengambil tema “Ramadhanku Ceria Ramadhanku penuh makna”.
Humas MTsN Pundong Drs. Sutanto menuturkan, Gebyar Ramadhan diselenggarakan pada hari Jum`at s.d Sabtu, 10 s.d 11 Agustus 2012, dengan rangkaian kegiatan berupa Lomba keagamaan, Sema`an Al Qur`an, Jamaah Shalat Dhuha, Shalat Tarawih. Kegiatan  Jum`at  10 Agustus 2012 diawali jam 7 pagi dengan Jamaah Shalat Dhuha –Kultum (Drs. Sutoyo ) Semaan Al Qur`an (Ulfa, Laila, Umi Janatun, BA) dan dilanjutkan lomba keagamaan, yaitu : 1. Lomba Da`i muda dengan tema” ramadhan penuh barokah” 2.Lomba MHQ Hafalan surat pendek, meliputi surat Al- Buruj s.d surat An Naas 3. Lomba Puisi islami tentang ramadhan 4. Lomba Kaligrafi 5. Lomba Adzan dan Iqomah (khusus putra)  6. Lomba Tartil surat Luqman 7.Lomba Kreasi Jilbab (khusus putri ) 8. Cerdas Cermat Agama.
Sedangkan untuk hari Sabtu, 11 Agustus 2012 dimulai jam 3 sore dengan Jamaah Shalat Asyar-Kultum dipimpin Suharmanto, S.Pd, Final CCA dipimpin Subi dan Thamrin. Acara diteruskan dengan Pengajian menjelang buka puasa  dengan menghadirkan Alumni MTsN Pundong Tahun 1991 yang sudah menjabat penghulu di KUA Banguntapan, Mustafied Amna , S.Ag. Diharapkan dengan menghadirkan alumninya tersebut  dapat memotivasi peserta didik yang masih menempuh pendidikan di MTsN Pundong agar berprestasi dan semakin meningkatkan diri.
Dalam tauziahnya, Mustafied Amna memaparkan pentingnya seorang peserta didik untuk terus belajar dan belajar untuk mendapat pengetahuan, sebagaimana perintah Alloh SWT dalam Surat Al Alaq ayat 1 s.d 5, melalui Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu pertama kali kepada Baginda Rasululloh SAW di Gua Hira` pada malam 17 Ramadhan. “ Iqra` bismirabbikaladzii khalaq, Khalaqal insaana min`alaq, Iqra`wa Rabbukal akram, Alladzii `alla bilqalam, `Allamalinsaana malam ya`lam” yang maknanya “Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, yang mengajar menulis dengan kalam, Dia mengajar manusia sesuatu yang belum diketahui. Di ayat tersebut perintah Iqra` (membaca) diulang sampai dua kali, disitulah bisa dimaknai pentingnya belajar dan terus belajar. Mustafied mengingatkan “ kalau kita ingin menjadi seorang yang luarbiasa, maka kita harus melakukan sesuatu yang luarbiasa”. Maka untuk mencapai prestasi yang lebih disbanding teman lain, maka kata kuncinya tak lain adalah belajar yang lebih daripada teman lain. Dan sebagai seorang peserta didik tak boleh ada kata menyerah untuk menggapai sukses. Ada satu cerita “ dahulu ada seorang santri yang sudah belajar, tapi merasa tak bisa menyerap ilmu yang diberikan , maka ia pamit meninggalkan pesantren. Kyai nya tak merasa keberatan, namun ia berpesan, ambillah hikmah selama kamu di perjalanan. Di perjalanan ia ketemu katak yang berulang kali melompati sungai  namun tak berhasil. Baru pada lompatan yang ketiga katak berhasil. Pada perjalanan berikutnya sampailah ia pada sebuah gua, ia melihat batu hitam yang sangat keras, namun berlubang terkena tetes air yang terus menerus” Dari dua kejadian tersebut ia mengambil pelajaran bahwa kegagalan yang dialami seseorang akan berbuah keberhasilan kalau mau terus mencoba belajar dan belajar. Maka ia memutuskan kembali ke pesantren dan akhirnya ia dapat lulus dan menjadi santri yang terbaik.
Kegiatan dilanjutkan Jamaah Maghrib yang dipimpin Ketua Komite madrsah Jaelani Latif, BA, sedangkan Jamaah Isya` dan Tarawih dipimpin Guru Bahasa Arab Jumanuddin, M.Pd.I.
Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyampaian hadiah lomba keagamaan oleh Kepala MTsN Pundong Drs. Sutoyo. Dala kata sambutannya Kepala Madrasah merasa bangga bahwa banyak peserta didik kelas 7 yang berhasil menjadi juara, hal ini membuktikan input peserta didiknya semakin meningkat disbanding tahun sebelumnya.
Pengirim : Drs. Sutanto (Waka Humas MTsN Pundong )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar